GAMBARAN TINGKAT KESEHATAN GIGI ANAK USIA DINI BERDASARKAN INDEKS def-t PADA SISWA PAUD KELURAHAN JATI KOTA PADANG

Aida Fitriana, Nila Kasuma

Abstract


Karies gigi merupakan masalah yang masih belum terpecahkan secara tuntas di dunia. penyakit gigi dan mulut merupakan penyakit terbanyak yang dikeluhkan masyarakat Indonesia (sebesar 60%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui indeks def-t pada siswa PAUD Kelurahan Jati  Kota Padang, yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembinaan selanjutnya oleh Fakultas Kedokteran Gigi UNAND.

Penelitian ini menggunakan metoda survei deskriptif dan subyek penelitian diambil secara total sampling sebanyak 33 oran yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 20 orang laki- laki. Kategori ditentukan berdasarkan kategori menurut WHO.

Hasil penelitian menunjukkan indeks def-t siswa PAUD Kelurahan Jati Kota Padang sebesar 5,18.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah indeks def-t  siswa PAUD Kelurahan Jati Kota Padang berada pada kategori tinggi.

 

Kata kunci : karies, def-t, siswa


Full Text:

PDF

References


Sariningrum E.,2009, Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap Orang Tua tentang Kebersihan Gigi dan Mulut pada anak balita usia 3-5 tahun dengan tingkat kejadian karies di PAUD Jatipurno

Sintawati. F.X. Indirawati Tjahya N. 2009. Faktor-Fak¬tor Yang Mempengaruhi Kebersihan Gigi Dan mu¬lut Masyarakat DKI Jakarta Tahun 2007. Jurnal Ekologi Kesehatan. Volume 8. No-1. Maret 2009. hlm 860-873

Astoeti, Tri Erri. dkk. 2006. Efektifitas Pengelolaan Pendidikan Kesehatan Gigi dengan Pendekatan Total Quality Management Pada Anak Sekolah. Indonesian Journal Of Dentistry. 13 (3): 150-155.

Supriyatno, Bambang., dkk. Hubungan antara kesehatan Mulut dengan kesehatan Umum Pada Anak. http: //www.tempointeraktif.com/medika/arsip. 8 Maret 2008.

Suwelo, Ismu Suharsono. 1992. Karies Gigi Pada Anak Dengan Pelbagai Faktor Etiologi: Kajian Pada Anak Usia Sekolah. Cetakan I. Jakarta:EGC

Nurlaila, dkk. 2005. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Karies Gigi Pada Murid-Murid di Sekolah Dasar Kecamatan Karangantu. Indonesian Journal Of Dentistry.12(1): 5-9.

PPKGM. 1999. Survey Dasar Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Murid-Murid Sekolah Dasar Kelas I, V dan VI di Kotamadya Bandung. Bandung. Dinas Kesehatan Gigi.

Gunarsa, D. 2000. Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia

Notoatmodjo, S. 2002. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta.

Machfoedz ,I dan Yetti. ,AZ 2005. Men¬jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-Anak dan Ibu Hamil. Yogyakarta:Fitramaya

Setyaningsih D, 2007. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Jakarta: CV. Sinar Cemerlang Abadi. Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/adj.1.1.%25p.2013