GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI TENTANG REKAM MEDIK GIGI

Murniwati Murniwati, Rizanda Machmud, Suci Rahmasari

Abstract


Dental record yang  digunakan harus sesuai dengan Standar Nasional Rekam Medik Kedokteran Gigi yaitu harus memuat data identitas pasien, keadaan umum pasien, odontogram, data perawatan kedokteran gigi serta nama dan tanda tangan dokter gigi dan yang lebih penting dental record harus diisi secara lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dokter gigi terhadap kelengkapan rekam medik gigi yang sesuai standar nasional. Desain penelitian ini adalah Deskriptif . Populasi adalah semua dokter gigi yang bekerja di Puskesmas dan Rumah Sakit Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan observasi terhadap rekam medik gigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dokter gigi mengenai pentingnya rekam medik gigi yang sesuai standar nasional masih kurang. Pengetahuan mengenai aspek medikolegal merupakan pokok bahasan yang tingkat pengetahuannya sangat rendah yaitu hanya mencapai 4,2%. Kurangnya pengetahuan dokter gigi mengenai Rekam Medik Gigi yang sesuia standar nasinal disebabkan kurangnya sosialisasi dan belum digunakannya rekam medic gigi yang sesuai standar nasional. Perlu adanya sosialisasi dan kebijakan yang mengatur penggunaan  rekam medic gigi yang sesuai standar nasional

Kata kunci : Dental record, odontogram, medikolegal, rekam medik 


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI. 2007. Standar Nasional Rekam Medik Kedokteran Gigi. Departemen Kesehatan RI Cetakan II.Jakata.

Salami. 2008. Hubungan Pengetahuan dan Motivasi Dengan Perilaku Dokter Gigi Spesialis Dalam Pengisian Rekam Medis Di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Sigli. Sekolah Pascasarjana Universita Sumatra Utara. Medan.

Dinas Kesehatan Kota.2011. Laporan Tahunan tahun 2010 Edisi 2011. Dinas KesehatanKota Padang.

Dinas Kesehatan Kota. 2011. Profil Kesehatan Kota tahun 2010 Edisi 2011. Dinas Kesehatan Kota Padang.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Peraturan Mentri Kesehatan RI No.269/Menkes/Per/III/2008 tentang Rekam Medis. Jakarta, Depkes RI.

Departemen Kesehatan RI. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No. 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 1989. Peraturan Menteri Kesehatan No.749a/Men.Kes/Per/XIII/1989 Tentang Rekam Medis/Medical Record. Jakarta.

Kepolisian Negara Republik Indonesia Markas Besar. 2011. Penyampaian Formulir Odontogram. Jakarta.

Konsil Kedokteran Indonesia. 2006. Manual Rekam Medis. Kodokteran Indonesia.

Arikunto, S. 2003. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Charangowda. 2010. Dental Recors : An Overview. Journal of Forensic Dental Sciences/January-June 2010/ Vol 2/ Issue 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.